Antara Meme dan Shitpost - Heyazone

Antara Meme dan Shitpost

Antara Meme dan Shitpost

Sudah kebiasaan atau mungkin bisa disebut konsumsi tiap hari terutama bagi kaum milenial, meme dan shitpost hampir selalu mewarnai beranda media sosial kita. Baik itu Facebook, Instagram, Twitter, bahkan YouTube maupun WhatsApp.

Muncul dalam bentuk yang beragam dengan maksud dan tujuan tertentu, meme dan shitpost seringkali menjadi penghibur di kala bosan. Ada yang lucu, ada yang informatif, ada juga yang bermaksud menyinggung, tentu saja tak jarang membuat kita ingin membagikannya.

Penyebarannya sangat cepat dan tak terbatas ruang. Mengangkat berbagai topik baik yang sudah lalu atau yang hangat dibicarakan. Sehingga dapat menjadikannya viral dalam waktu singkat.

Lalu sebenarnya apa sih meme dan shitpost itu? Sebagai penikmatnya, kurang sah rasanya kalau tidak mengetahui asal-usul keduanya, apa perbedaannya dan bagaimana penggunaannya.

Berikut ini coba saya jabarkan sedikit pengertian dan perbedaan antara meme dan shitpost.

Pengertian Meme

Seringkali kita mengaitkan istilah meme dengan hal-hal yang lucu atau gambar-gambar yang lucu.

Faktanya, pengertian meme tidak sesederhana itu. Istilah “meme” pertama kali digunakan evolusionis Richard Dawkins dalam buku The Selfish Gene. Dalam buku tersebut meme diartikan sebagai suatu gagasan, perilaku dan gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Dawkins juga memberikan contoh meme seperti, nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.

Tentu saja penjalasan tersebut kurang relevan dengan meme yang kita ketahui saat ini. Di sini kita bisa garis bawahi bahwa sifat meme itu menyebar (dari satu orang ke orang lain). Sehingga baru bisa dikatakan meme, kalau diketahui banyak orang.

Dari segi bentuk pun, kebanyakan meme saat ini berupa gambar, GIF, rangkaian kata maupun video. Tapi tidak serta-merta gambar yang kita unggah dapat dikategorikan sebagai meme. Meme saat ini tidak lepas dari unsur humor atau candaan tentang isu-isu yang berkembang di masyarakat.

Jadi, meme saat ini dapat diartikan sebagai suatu hal yang menggambarkan isu-isu dalam kehidupan masyarakat, bisa berbentuk gambar, GIF, rangkaian kata, maupun video yang sifatnya viral dan dibumbui unsur candaan atau humor.

Pengertian Shitpost

Mengingat banyaknya unggahan gambar saat ini, tidak sedikit yang mengartikan meme dan shitpost adalah sama. Karena dari segi format keduanya memang tidak jauh beda, misalkan seperti: gambar yang disisipi kata-kata.

Shitposting sendiri diartikan sebagai tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala besar. Tujuannya adalah untuk mengacaukan alur pembicaraan, memperkeruh suasana, dan menciptakan kesan tidak nyaman. Konten seperti ini sering dijumpai di forum-forum ataupun grup bebas. Konten inilah yang kita sebut sebagai shitpost.

Dari bahasa yang digunakan, jika dibandingkan dengan meme, shitpost menggunakan bahasa yang lebih kasar, menyinggung, bahkan menusuk, dan sifatnya mengkritisi. Sehingga shitpost ini tidak cocok untuk orang yang baperan atau yang baru nyebur ke dunia meme.

Singkatnya shitpost bisa diartikan sebagai konten yang ditujukan untuk mengacaukan atau memperkeruh suatu pembahasan (forum).

Apa Perbedaan Meme dan Shitpost?

Yang membedakan antara meme dan shitpost tentu saja pada penggunaannya. Meme dibuat untuk tujuan menghibur dengan diambil unsur candaannya, sendangkan shitpost untuk mengacaukan atau memperkeruh suasana forum. Sehingga dari bahasa yang digunakan pun, shitpost lebih kasar daripada meme.

Ya, terlepas bagaimana cara kita menikmati keduanya. Meme dan shitpost dapat menghibur pada tempatnya masing-masing. Meme yang dicari kelucuannya ataupun shitpost yang menampilkan kesegaran dengan cara yang berbeda, itu semua tergantung dari cara kita menikmatinya.

Tidak ada komentar untuk "Antara Meme dan Shitpost"