Beda tipis, Anime Bukanlah Kartun - Heyazone

Beda tipis, Anime Bukanlah Kartun

Japanese animation atau yang kita kenal dengan anime merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut projek gambar bergerak yang di produksi di Jepang. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan bahwa anime diproduksi di luar Jepang.

Namun tak jarang juga yang menyebut anime sebagai kartun. Padahal secara karakteristik, anime dan kartun memiliki perbedaan yang besar.

Kartun sendiri diartikan sebagai gambar, ilustrasi, atau animasi yang mempresentasikan peristiwa yang lucu.

Perbedaan Style Kartun vs Anime

Terlepas dari pengertian antara anime dan kartun, keduanya tetaplah sama-sama jenis dari animasi. Animasi merupakan hasil pengolahan gambar-gambar yang dibuat baik menggunakan tangan atau teknologi komputer sehingga menjadi sebuah gambar yang bergerak. Berdasarkan pengertian inilah, tak jarang yang menyamakan anime dengan kartun.

Tak bisa disangkal memang, anime dan kartun sama-sama hasil dari pengolahan gambar, hanya saja keduanya juga memiliki karakteristik masing-masing sehingga tidak dapat dikatakan sama. Berikut akan kita bahas perbedaan antara anime dan kartun.

1. Definisi dan Istilah

Dari kamus bahasa Inggris, anime disebut sebagai 'Japanese style of motion picture animation' atau gambar bergerak gaya Jepang. Sedangkan kartun diartikan sebagai model atau studi untuk sebuah lukisan atau sekarang dikaitkan dengan karikatur untuk sindiran dan humor.

2. Tema yang Diangkat

Kartun biasanya menghadirkan cerita yang membuat penonton terwata dengan kelucuannya. Anime sendiri hadir dengan cerita yang lebih beragam. Banyak anime yang sesuatu yang berdekatan dengan kehidupan sehari-hari yang berkaitan erat dengan emosi manusia.

3. Gaya dan Karakteristik

Perbedaan mencolok ada pada gaya dan Karakteristik keduanya. Dilihat dari asal munculnya, anime dari Jepang dengan sifat orientalis, dan kartun yang kebanyakan dari negeri barat, tentu memiliki perbedaan dalam style yang mencolok.

Anime mengilustrasikan bentuk tubuh lebih realtistik. Biasanya, kita dapat membedakan anime dengan kartu dari ciri-ciri fisik karakternya. Anime dapat dikenali dengan mudah dari line-art yang dipakai serta bentuk fisik berupa mata yang besar, rambut yang mengembang dan proporsi tubuh yang hampir mendekati subjek yang sebenarnya.

Meski dalam bentuk tubuh kartun juga tak jauh dari bentuk yang sebenarnya, namun kartun tetaplah karikatur yang seringkali menyimpang dari kenyataan.

Kesimpulannya...

Anime dan kartun merupakan jenis animasi yang memiliki ciri khas yang berbeda. Sama-sama mempresentasikan kehidupan sehari-hari, namun tema yang diangkat anime lebih kompleks daripada kartun. Dari segi kepopuleran, kartun sudah lebih dulu populer daripada anime yang baru naik daun beberapa tahun lalu atau setidaknya 2 dekade terakhir ini.

Tidak ada komentar untuk "Beda tipis, Anime Bukanlah Kartun"