Boku no Pico, Rekomendasi Anime yang Menyesatkan! - Heyazone

Boku no Pico, Rekomendasi Anime yang Menyesatkan!

Sebagian orang yang baru mengenal anime, ataupun baru mengenal istilah anime, walaupun dari dulu sebenarnya mereka pernah menontonnya di televisi, hanya saja tidak tahu kalau yang mereka tonton disebut dengan anime. Tentu saja kalau kita tanya "Pernah nonton Goku?" atau "Kenal Naruto?", sebagian besar pasti menjawab kalau mereka tahu. Beberapa mungkin akan berfikir "itukan tontonan bocah" atau menghubungkannya dengan sesuatu yang kekanak-kanakan. Tapi sebagian yang lain mungkin juga akan merasa lebih tertarik setelah tahu keseruan saat mengikuti jalan cerita salah satu seri yang mereka tonton.

Misalkan saja, orang-orang yang pernah mengikuti perjalanan kisah Uzumaki Naruto sampai tamat yang ditayangkan di salah satu televisi, dan berfikir kalau ceritanya seru, pasti akan mencari referensi judul lain dengan cerita yang serupa untuk ditonton. Mencari di Google misalnya, judul-judul seperti Dragon Ball, One Piece, ataupun Bleach pasti muncul di pencarian. Tak puas setelah menonton anime yang mainstream tadi, mereka moncoba mencari alternatif lain dengan cerita yang baru.

Terkadang, mencari referensi sendiri dengan pengalaman yang belum terlalu dalam tentang anime, menjadikan kita seakan-akan tidak yakin dengan hasil penelusuran yang kita temukan. Apakah benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan atau tidak. Misalkan kita mencari anime dengan cerita yang penuh romansa dan drama tanpa unsur di luar logika, lalu melakukan preview terhadap salah satu hasil pencarian dan ternyata tak sesuai harapan. Pastinya membuat kita jadi bingung. Dan alternatifnya adalah bertanya pada yang sekiranya berpengalaman menonton banyak judul anime dengan variasi cerita yang beragam.

Dalam banyak kasus, sering sekali ditemukan orang-orang seperti di atas. Di forum diskusi anime seperti grup Facebook atau WhatsApp misalnya. Tak jarang saya temukan ada yang bertanya atau sekedar meminta saran tentang anime yang ingin mereka tonton. Beragam, ada yang bertanya tentang anime yang ceritanya seru, atau yang menyangkut olahraga, atau sekedar yang bikin ketawa alias komedi. Hal ini tentu saja sangat membantu, yang mana banyak member yang berpengalaman dengan senang hati menjawab sesuai dengan yang diharapkan.

Namun masalahnya, ada satu tradisi yang mana beberapa member forum dengan sengaja memberikan jawaban yang menjebak. Saya katakan tradisi, karena memang sudah kebiasaan lama dan sampai sekarang masih saja ada yang melakukannya. Kebiasaan yang mana jika ada member lugu yang meminta rekomendasi anime, ada saja jawaban yang menyebut "Boku no Pico" atau BNP. Saya sebutkan di awal sebagai jawaban yang menjebak, kenapa? Berikut saya berikan penjabarannya.

Boku no Pico, Rekomendasi Anime yang Menyesatkan

Boku no Pico gan! Keren animenya!

Inner me: Matamu!

Ya mau bagaimana lagi, ini sudah menjadi kebiasaan yang buruk dan memang menjadi satu-satu tradisi di forum anime yang harus diputus. Merekomendasikan anime Boku no Pico. Bagi mereka yang awam dan menelan mentah-mentah jawaban tersebut, pasti akan segera mencari link download atau streaming untuk menontonnya. Di sinilah letak kesalahannya.

Boku no Pico merupakan anime legendaris yang sering muncul di komentar forum anime. Anime yang hanya memiliki 3 episode ini, di dalamnya terdapat adegan penyimpangan seksual berupa gay, yang mana merupakan hubungan badan antar laki-laki. Pedang-pedangan. Satu-satunya dalam sejarah anime. Dari sini saya rasa sudah jelas apa alasannya mengapa harus diputus tradisi buruk ini. Tentu saja tak ada seorangpun yang akan meminta rekomendasi anime dengan cerita yang demikian. Kecuali mereka yang memang memiliki kelainan seksual. Saya sendiri juga heran, entah apa yang dipikirkan oleh direktornya, produsernya, dan jajaran staff studio hingga akhirnya mengerjakan anime ini.

Anehnya, mengapa mereka yang tahu anime ini malah dengan santai merekomendasikannya pada member yang masih awam? Apa mereka memiliki kelainan seksual? Saya rasa tidak. Efek domino mungkin menjadi salah satu alasan mengapa tradisi ini masih saja bertahan sampai sekarang, yang mana dulunya mereka juga pernah dijebak dengan judul yang sama. Alih-alih melupakannya, karena tak ingin merasa satu-satunya yang terkena prank ini, mereka terus saja menyebut-nyebut judul itu dengan harapan ada yang kena juga.

Saran saya bagi teman-teman yang baru mengenal anime dan ingin bertanya pada forum anime, ada baiknya mencari dulu informasi mengenai judul yang disebutkan di kolom komentar. Cari sinopsisnya. Ada situs bernama MyAnimeList, yang mana kita bisa mencari tahu detail suatu anime mulai dari genre, sinopsisnya, studio yang memproduksi, bahkan jajaran pengisi suara karakterpun kita bisa tahu dari situs tersebut. Jangan pernah gubris jika ada yang menyebut Boku no Pico, atau bagi yang sudah pernah terjebak, ayo, kita putus kebiasaan ini. Jujur saya belum pernah menontonnya, saya orang yang selektif, jadi saya cari dulu informasinya, dan saya buat artikel ini sebagai bentuk keresahan yang sering saya temukan di forum anime. Respect patut saya berikan pada para admin dan moderator forum yang aktif sweeping, juga terkait kasus di atas, dan segera kicked out member yang masih saja memberikan rekomendasi Boku no Pico.

Tidak ada komentar untuk "Boku no Pico, Rekomendasi Anime yang Menyesatkan!"