Mengapa SpongeBob Sering Dijadikan Meme? - Heyazone

Mengapa SpongeBob Sering Dijadikan Meme?

Mengapa SpongeBob Sering Dijadikan Meme

SpongeBob SquarePants, siapa yang tidak tahu dengan serial kartun satu ini? Kartun yang sampai saat ini masih tayang di salah satu stasiun televisi nasional ini memang populer di berbagai kalangan umur.

Kartun yang merupakan serial animasi terpopuler produksi Nickelodeon ini bercerita tentang kehidupan seekor spons laut berwarna kuning dan berlubang-lubang bernama SpongeBob SquarePants yang tinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, di lautan Pasifik. Bersama teman-temannya ia menjalani keseharian bawah laut yang disajikan relasif dengan kehidupan kita pada kenyataannya.

Stephen Hillenburg selaku pencipta serial SpongeBob, mengkreasikan ceritanya dengan penuh humor yang menghibur dalam berbagai momen dan scene sehingga saat ini banyak sekali meme yang muncul dengan latar belakang potongan adegan dari serial satu ini.

Sebut saja Morbid Squidward, Savage Patrick, Welcome to the Salty Spitoon. How Tough Are Ya? dan masih banyak lagi. Karena banyaknya template meme SpongeBob ini, para kreator seakan tak pernah kehabisan ide. Tiap hari ada saja meme baru yang diposting dengan background scene dari serial SpongeBob.

Pertanyaannya, bagaimana bisa kartun yang sudah tayang selama lebih dari 20 tahun ini begitu meme-able? Setidaknya sejak 2010 meme bertema SpongeBob masih bisa bertahan hingga sekarang, bagaimana bisa?

Saya sudah melakukan penelusuran dan malakukan pengamatan sehingga bisa menemukan beberapa alasan mengapa serial animasi SpongeBob SquarePants begitu mudah dijumpai sebagai template meme-meme sampai saat ini.

1. Semua Orang Tahu SpongeBob SquarePants

Alasan pertama tentu saja karena serial ini begitu populer di berbagai kalangan. Atau bisa dikatakan hampir seluruh penjuru dunia tahu tentang kartun ini. Bahkan tak hanya anak kecil saja, saya yakin kartun ini juga menjangkau berbagai tingkatan usia.

Karena banyak orang yang tahu atau paham tentang cerita dari SpongeBob ini, maka tak heran kalau ada meme yang menggunakan background SpongeBob tanpa banyak berfikir, orang-orang akan langsung paham dengan isi dari meme tersebut. Mereka akan dengan mudah menangkap maksud meme yang mereka lihat dengan mengaitkan scene yang dipakai sebagai background.

2. Related dengan Kehidupan Sehari-hari

Kesampingkan dulu tentang bagaimana api bisa menyala dalam air, atau hal-hal aneh di luar logika lainnya dari cerita SpongeBob ini. Yang kita ambil contoh di sini adalah perwatakan dan hubungan antar karakter.

Sifat Mr. Krabs yang terobsesi dengan uang tapi pelit, dan sebagai boss dia tidak memikirkan kesejahteraan karyawannya. Atau duo berisik SpongeBob dan sahabatnya Patrick yang selalu mengganggu ketenangan tetangganya Squidward, dan masih banyak contoh lain.

Patrick dan Spongebob membuat Squidward tidak tenang

Karena alasan di atas, para kreator dapat dengan mudah menghubungkan ide mereka lalu menuangkannya pada scene yang mereka anggap memiliki relasi dengan tema yang akan mereka tampilkan. Kalau dilihat dari contoh yang saya sebut di atas, bisa dikatakan meme tentang sindirian atau kritisi akan cocok untuk itu.

3. Banyak Variasinya

Selain dari 2 karakter yang saya bahas pada poin no. 2 di atas, tentu saja masih banyak lagi karakter lain yang masih bisa dieksplorasi oleh para kreator meme. Selain karakter, ada pula scene yang jumlahnya begitu banyak sehingga bisa saja menemukan template baru untuk dikreasikan. Kenapa tidak? SpongeBob SquarePants ini memiliki setidaknya 250an episode lho~

Begini saja, tidak perlu repot-repot mencari scene yang kita rasa meme-able. Ada banyak juga template SpongeBob yang saat ini masih bisa dikembangkan, tinggal masukkan saja isu-isu terbaru sebagai captionnya.

4. Banyak Quotes

"Seragam adalah lambang penindasan" - Squidward

"Hidup memang tidak adil, jadi biasakan dirimu!" - Patrick

"Semua hebat dalam satu hal, tapi tidak dalam semua hal" - SpongeBob

Poin ini tak perlu saya jelaskan panjang lebar, karena tentu masih ada banyak lagi quote lain yang bisa diambil sebagai caption sebuah meme.

5. Mudah Dibuat atau Disunting

Berbeda dengan template meme pada umumnya yang kebanyakan untuk mendapatkan raw-nya cenderung susah, atau kalaupun dapat kualitas gambarnya tidak sebening yang diharapkan, meme dengan template SpongeBob lebih mudah didapat. Bagaimana? YouTube, cari episodenya lalu ambil gambarnya. Memang tidak semudah itu, namun jika dibandingkan untuk mencari template meme lain, ini bisa dikatakan lebih mudah dan hasilnya bening.

Raw Meme SpongeBob: Imagination

Karena sumber raw-nya yang gampang didapat inilah, dalam pembuatan maupun mengeditan lebih akan mudah dilakukan.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan meme SpongeBob bisa eksis dan bertahan lama dibanding meme-meme lainnya. Tak jarang juga ditemukan dalam bentuk shitpost, sehingga kepopulerannya dalam dunia meme menjadi semakin meluas.

Tidak ada komentar untuk "Mengapa SpongeBob Sering Dijadikan Meme?"