Mengenal Perbedaan Manhua, Manga, dan Manhwa - Heyazone

Mengenal Perbedaan Manhua, Manga, dan Manhwa

Mengenal Perbedaan Antara Manhua, Manga, dan Manhwa

Membaca komik memang memiliki keseruan tersendiri. Dari gambar yang statis, dan bantuan teks yang ada, kita seakan dipicu membayangkan kejadian yang terjadi dalam cerita komik tersebut. Pengalaman ini tentu saja tidak akan kita dapatkan ketika menonton serial ataupun membaca novel.

Kita pasti tahu tentang komik-komik terkenal produksi dari DC dan Marvel, yang mana ceritanya sudah banyak diadaptasi ke dalam puluhan movie. Sebut saja Superman dan Batman dari DC atau Captain America dan Iron Man dari Marvel. Itu baru dari negeri-negeri barat, di Asia sendiri, terutama Asia Timur ada juga seri-seri komik terkenal seperti Dragon ball, One Piece, Naruto, Tales of Demons and Gods, ataupun Solo Leveling.

Namun tahukah teman-teman, seri komik terkenal di Asia itu ada 3 jenis? Mungkin teman-teman pernah mendengar istilah Manga, Manhua, Manhwa. Yang mana ketiganya merupakan ikon komik di Asia. Sepintas karakteristiknya memang sama, karena penggambaran yang oriental khas negeri timur seperti China, Jepang, dan Korea. Namun tentu saja ketiganya juga memiliki ciri tersendiri yang membedakan antara yang satu dengan yang lain.

Berikut saya rangkumkan sedikit perbedaan antara Manhua, Manga, dan Manhwa yang perlu teman-teman ketahui agar tidak salah menyebut salah satu diantaranya.

1. Negara Asalnya

Manhua, dikutip dari Wikipedia merupakan sebutan untuk komik-komik berbahasa Mandarin yang dibuat di China, Hong Kong, dan Taiwan. Istilah Manhua muncul pada abad ke-18 yang digunakan dalam sastra tradisional Tiongkok. Istilah memiliki arti "Sketsa Dadakan", yang menjadi populer di Jepang dengan sebutan Manga.

Manga merupakan komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang, sesuai gaya yang dikembangkan di sana pada akhir abad ke-19. Di Jepang manga digunakan untuk merujuk pada komik dan kartun. Di luar Jepang istilah manga digunakan untuk merujuk pada komik yang aslinya diterbitkan di Jepang.

Sedangkan Manhwa, secara singkat dejelaskan sebagai istilah dalam bahasa Korea untuk menyebut komik. Hampir sama seperti Manga, sebutan Manhwa di luar Korea juga mengacu pada komik-komik yang diterbitkan atau berbahasa Korea.

Ketiga istilah tersebut: Manhua, Manga, dan Manhwa memang terkesan mirip karena pada dasarnya berasal dari karakter China (Hanzi) yang sama yaitu 漫画, yang dalam bahasa Jepang (Kanji) berupa 漫画. Serta dalam bahasa Korea (Hanja) 漫畫 bentuknya sama dengan karakter tradisional China (Hanzi tradisional) 漫畫.

2. Cara Membaca

Panel merupakan unsur penting dalam pembuatan komik. Panel merupakan tempat urutan gambar atau materi untuk menjaga kelanjutan cerita yang berlangsung. Dalam hal ini kita perlu tahu cara membaca panel agar tidak salah mengartikan cerita dalam komik.

Secara umum, panel-panel pada komik biasanya dibaca dari arah kiri ke kanan serta atas ke bawah. Cara baca ini juga berlaku untuk jenis Manhua dan Manhwa yang mana cara membacanya juga dari arah kiri ke kanan serta atas ke bawah. Namun khusus untuk Manga, cara pembacaan panel dimulai dari arah kanan ke kiri. Hal ini dikarenakan cara baca tulis kanji Jepang sebelum masuknya budaya barat memang dimulai dari arah kanan ke kiri.

3. Cerita

Dari segi cerita, baik Manhua, Manga, maupun Manhwa tidak memiliki perbedaan yang jauh. Karena genre yang sangat beragam sehingga perbedaannya pun tidak begitu mencolok. Namun biasanya, pada Manga sering dijumpai kejutan-kejutan yang tak terduga setelah klimaks. Berbeda dari Manga, cerita dalam Manhua sedikit mudah ditebak. Sedangkan Manhwa sendiri, kita tahu Korea memang ahlinya dalam cerita romance, jadi tak heran unsur romance yang kental sering kali muncul dalam cerita Manhwa.

4. Penggambaran

Sebenarnya kalau kita perhatikan sudah cukup terlihat perbedaannya yang mana Manhua biasanya lebih niat dari Manga dan Manhwa. Gambar-gambar pada Manhua biasanya full colour alias berwarna sepenuhnya, sebaliknya pada Manga hampir seluruhnya hitam-putih walaupun terkadang ada beberapa halaman awal yang dibuat berwarna.

Dari ukuran panel, Manhwa memiliki ukuran yang rata-rata besar. Berbanding terbalik dengan Manhua yang ukuran panelnya sedikit lebih kecil, sehingga bagi yang tidak terlalu terbiasa akan kesulitan dalam membacanya.

***

Setelah mengetahui perbedaannya semoga teman-teman lebih bisa mengenali dan membedakan antara Manhua, Manga, dan Manhwa. Meski demikian tak perlu dipusingkan karena pada dasarnya kita membaca komik memang untuk dicari keseruan ceritanya menurut selera kita masing-masing.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Perbedaan Manhua, Manga, dan Manhwa"