Tahapan Eksistensi Sebuah Meme - Heyazone

Tahapan Eksistensi Sebuah Meme

Tahapan Eksistensi Sebuah Meme

Pernahkah teman-teman menyadari sebuah meme yang trending pada tahun lalu, bulan lalu, bahkan seminggu yang lalu seakan tiba-tiba menghilang keberadaannya? Meme yang sebelumnya begitu populer karena template baru yang segar kemudian menurun kepopulerannya lalu menghilang, bagaimana bisa begitu?

Salah satu syarat sebuah meme yaitu diketahui banyak orang. Hal ini berlaku pada sebuah template (bahan) yang digunakan untuk membuat meme. Ketika sebuah template baru muncul, dengan dibumbui berbagai ide dari para kreator dan akhirnya menyebar diketahui oleh banyak orang, inilah yang akhirnya disebut dengan meme.

Template yang baru biasanya akan lebih mudah dieksplorasi dengan ide-ide yang baru juga. Semakin template itu populer, maka para kreator meme butuh ide yang lebih segar lagi untuk ditambahkan. Ide-ide itu terus bertumpuk hingga akhirnya menemui titik jenuh yang mana para kreator sudah mulai kesusahan menemukan inovasi ide yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Setidaknya ada 5 tahapan di mana template baru ditemukan, menjadi meme, hingga akhirnya menurun kepopulerannya dan menghilang. Berikut saya berikan penjelasan singkat mengenai tahapan itu.

1. Template Baru Ditemukan

Template baru bisa diambil dari berbagai hal. Misal dari potongan klip video musik, adegan pada suatu film, atau media massa yang mana sifatnya banyak diketahui orang. Kita ambil contoh template Tidak semudah itu ferguso yang merupakan salah satu potongan gambar karakter Tom si kucing dari serial Tom & Jerry. Gambar ini diambil dari episode Of Feline Bondage yang menampilkan pose jahat Tom sesaat sebelum lari terbirit-birit karena ditakuti Jerry.

2. Meme Mulai Trending

Karena sifatnya yang fresh, meme dengan template baru tentu saja masih mempunyai banyak ruang untuk dibumbui dengan ide-ide yang baru juga. Lama kelamaan meme dengan template yang sama sering kali muncul dengan caption yang berbeda-beda. Terus-menerus semakin banyak hingga akhirnya trending. Seperti contoh dari poin nomor 1, meme Tidak semudah itu ferguso saat pertama kali muncul sangat mudah dieksplorasi oleh kreator meme. Hal inilah yang kemudian membuat meme ini begitu populer dan muncul di berbagai timeline media sosial.

3. Overused

Overused berarti penggunaan yang terlalu berlebihan. Kreativitas para kreator memungkinkan sebuah template baru menghasilkan meme dengan beragam ide. Akan tiba dimana suatu template sudah tidak bisa digali lagi, dalam artian sulit menemukan ide baru untuk diterapkan pada template tersebut. Hal ini disebabkan karena sudah banyak sekali meme yang menggunakan template serupa. Ditambah lagi karena banyak orang yang melakukan reposting, sehingga penggunaannya menjadi overused.

4. Misused

Biasanya sebuah template memiliki maksud tersendiri. Sebagai contoh lagi, meme dengan template Tidak semudah itu ferguso, menggambarkan seseorang yang ingin melakukan sesuatu yang dikiranya mudah, akan tetapi pada akhirnya ada sesuatu lain yang menghalanginya melakukan hal tersebut. Misused atau kesalahan pengaplikasian ide ke dalam sebuah template meme, merupakan dampak dari penggunaan meme tersebut yang sudah berlebihan (overused) sehingga sulit menemukan ide baru yang sesuai dengan maksud dari template yang sebenarnya.

5. Deadmeme

Setelah penggunaan yang berlebihan sehingga sulit menemukan ide baru yang sesuai dengan template meme, eksistensi meme tersebut dengan sendirinya akan menghilang secara perlahan hingga sampai pada titik di mana meme tersebut benar-benar tidak muncul lagi. Kondisi inilah yang disebut dengan deadmeme atau meme yang mati, dalam artian template yang dipakai sudah tidak bisa digunakan lagi.

Ya, suatu hal pasti ada masanya naik ada masanya turun. Begitu juga dengan meme yang selalu mengikuti perkembangan zaman, ada kalanya meme itu sangat kompatibel menggambarkan suatu masa, namun setelah masa itu terlewat, meme keberadaannya juga ikut menurun.

Tidak ada komentar untuk "Tahapan Eksistensi Sebuah Meme"