Kesan Pertama Anime Kakushigoto, Ambisi Rahasia Ayahku - Heyazone

Kesan Pertama Anime Kakushigoto, Ambisi Rahasia Ayahku

Saya sendiri kurang tahu stereotip seperti apa yang menyelimuti kehidupan para mangaka, terutama mangaka komik mesum. Tapi siapa sangka keseharian mangaka komik mesum akan menjadi segokil ini.

Kakushigoto

Anime Kakushigoto mungkin jadi anime spring 2020 pertama yang benar-benar menarik perhatian saya. Beberapa forum membicarakannya, sehingga saya sedikit excited dan akhirnya menonton episode pertamanya. Dan benar saja, ceritanya ringan tapi unik, komedinya dapat, dan saya pikir ini merupakan permulaan yang bagus untuk episode pertama.

Permainan Kata

Awalnya tidak ada yang menarik dari judul Kakushigoto yang ditulis dengan hiragana, namun dari episode perdana kemarin dapat diketahui kalau ini hanya permainan kata saja.

俺は後藤可久士. 隠し事がある. 俺の隠し事は書く仕事だ.
Ore wa Gotou Kakushi. Kakushigoto ga aru. Ore no kakushigoto wa kaku shigoto da.

Kalimat di atas hanya karangan yang saya simpulkan dari episode 1. Namaku Gotou Kakushi. Aku punya rahasia. Rahasiaku adalah pekerjaan menggambarku. Ya, kalau dilihat dari judul animenya, memang hanya menggunakan hiragana Kakushigoto (かくしごと) saja, sehingga kita tidak akan mengerti maksud sebenarnya sebelum mengetahui kanji yang digunakan.

Kata 隠し事 dan 書く仕事 jika dibaca sama-sama berbunyi Kakushigoto. Kata pertama memiliki arti rahasia, sedangkan kata kedua berarti pekerjaan yang berhubungan dengan menulis (dalam hal ini berarti menggambar). Ditambah dengan main characternya sendiri yang memiliki nama yang penyebutannya hampir serupa, Gotou Kakushi. Sampai di sini saya rasa teman-teman sudah mengerti maksud dari permainan kata ini.

Well Adaptation

Mungkin terlalu dini mengatakan adaptasi manga untuk anime ini cukup bagus, setidaknya dari apa yang saya lihat di episode pertama ini. Aneh rasanya mengatakan bahwa saya berkomentar seperti ini namun saya sendiri tidak pernah membaca manganya. Tapi dari yang saya lihat di Google Image, dan membandingkannya dengan anime yang digarap Ajia-do Animation Works ini sudah cukup representatif dengan desain karakter dan backgroundnya.

Ya, mungkin beberapa orang sepintas melihat sosok Araragi dari Monogatari series pada karakter Gotou Kakushi. Iya, itu, rambutnya. Terlebih, seiyuu yang mengisi suaranya juga sama, yaitu Hiroshi Kamiya.

Monster Elitis

Selain itu, unsur komedi juga begitu menyegarkan, saya dibuat tak berhenti tertawa dan senyum-senyum sendiri sepanjang episode 1 ini. Terutama scene parodi Atack on Titan dan waktu munculnya editor baru yang ehmm goblok. Ditambah lagi adegan kejar-kejaran dari toko pakaian sampai Star–(bucks) yang menurut saya paling lucu di episode ini.

Flashback Story?

Karena saya tidak mengikuti manganya jadi saya menikmati cerita ini sesuai dengan alur animenya. Dari intro, diperlihatkankan si anak, Gotou Hime (18 tahun) yang pergi ke suatu tempat yang terbengkalai, dan mempertanyakan rahasia ayahnya. Selain scene itu, keseluruhan dari episode pertama ini mengenai alasan sang ayah menyembunyikan rahasianya.

Cerita episode ini menekankan bahwa sang ayah berusaha sebisa mungkin menyembunyikan rahasianya sebagai seorang mangaka komik mesum dari putri semata wayangnya. Dari episode ini diketahui Hime masih SD. Dan saya mengira kedepannya hanya akan ada cerita yang sebenarnya sebuah kilas balik sebelum akhirnya Hime mengetahui rahasia ayahnya.

Saya tidak akan mempertanyakan sang ibu, karena memang cerita tidak berhubungan dengannya. Tapi di awal cerita saya dibuat bertanya-tanya tentang keberadaan sang ayah. Hime yang sudah berumur 18 tahun pergi ke tempat (yang sepertinya rumahnya dulu waktu bersama ayahnya) yang terbengkalai sendirian untuk menguak rahasia ayahnya. Lalu, di mana ayahnya sekarang? Passed away atau gimana?

Theme Songs

Baik lagu pembuka maupun penutup saya rasa sangat cocok untuk anime bergenre slice of life seperti ini. Chiisana Hibi dari flumpool dan Kimi wa Tenneniro dari Eiichi Ootaki begitu nyaman di telinga waktu didengar. Damai rasanya. Tidak ada komentar lebih mengenai ini.

Untuk selanjutnya, saya masih akan mengikuti jalannya anime ini. Semua genre kesukaan saya ada di anime ini, dan semoga saya tetap terhibur sampai akhir tanpa drop ditengah jalan.

Tidak ada komentar untuk "Kesan Pertama Anime Kakushigoto, Ambisi Rahasia Ayahku"